Header Ads

Breaking News

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah Tanpa PC

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah Tanpa PC

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah Tanpa PC
Pernah ngga tiba-tiba HP Android kamu ke-restart sendiri dan hanya stuck di logo aja? Inilah masalah yang disebut dengan Bootloop, dimana HP kamu ngga bakalan masuk ke sistem alias stuck di logo saja.
Nah, buat kamu yang ngalamin hal kayak gini, jangan panik dulu ya guys. Soalnya, ada cara mengatasi HP bootloop dengan mudah tanpa harus kamu bawa ke tukang service HP terdekat.

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah Tanpa PC

Kali ini, JalanTikus akan membagikan cara mengatasi Bootloop pada HP Android. Tapi, sebelum itu kita pahami dulu yuk apa itu Bootloop. Langsung disimak aja ya!

Apa Itu Bootloop?

Secara bahasa, Bootloop sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu 'Boot' dan 'Loop'. Boot sendiri mengacu pada proses awal dimana suatu sistem operasi me-loading berbagai script dan input-output agar HP bisa menyala dengan sempurna. Sementara, Loop sendiri adalah kondisi pengulangan atau berulang-ulang.
cara-mengatasi-hp-bootloop-apa
Jadi, jika dipadukan arti kata Bootloop adalah kejadian dimana sistem operasi tidak bisa melakukan booting alias tidak bisa masuk ke dalam sistem. Artinya, HP kamu hanya akan stuck pada logo dan tidak dapat dioperasikan.

Apa Penyebab HP Bootloop?

Lalu, faktor apa aja sih yang bisa menyebabkan HP Android menjadi Bootloop? Jawabannya adalah banyak. Pastinya, penyebabnya sendiri berasal dari sistem alias software pada HP kamu.
cara-mengatasi-hp-bootloop-penyebab
Beberapa penyabab HP Android Bootloop sendiri bisa karena kesalahan pada instalasi aplikasi, kegagalan saat melakukan rooting, mengubah isi script yang ada di root atau folder sistem Android, file sistem yang terhapus, bahkan sering melepas baterai HP secara tiba-tiba ketika keadaan HP masih nyala juga bisa menyebabkan Bootloop lho.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Bootoop?

Jika HP kamu mengalami Bootloop, cara satu-satunya adalah dengan menggunakan Recovery Mode pada HP kamu. Ada dua jenis Recovery Mode, yaitu Stock Recovery dimana masih Recovery Mode masih bawaan dari Android, atau Custom Recovery dimana kamu telah mengubahnya menjadi Recovery Mode pihak ketiga.
cara-mengatasi-hp-bootloop-bagaimana
Cara mengakses Recovery Mode pun berbeda-beda tergantung merek HP-nya. Inilah cara mengakses Recovery Mode:
Merek HPCara Mengakses Recovery Mode
Google Pixel/NexusTekan tombol Power dan Volume Down bersamaan
SamsungTekan tombol Power, Volume Up dan Home bersamaan
XiaomiTekan tombol Power dan Volume Up bersamaan
ASUSTekan tombol Power dan Volume Up bersamaan
OppoTekan tombol Power dan Volume Up bersamaan
VivoTekan tombol Power dan Volume Up bersamaan
LGTekan tombol Power dan Volume Down bersamaan
SonyTekan tombol Power dan Volume Up bersamaan

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Stock Recovery

Jika kamu sudah masuk ke menu Stock Recovery Mode, kamu bisa menggunakan tombol volume up dan down untuk mengakses menu-menu tersebut dan gunakan tombol power untuk memilihnya. Lalu pilih 'Wipe data/factory reset' dan pilih Yes.
cara-mengatasi-hp-bootloop-stock-recovery
Setelah itu, pilih 'Wipe cache partition', lalu pilih 'Reboot system now'. Tunggu sampai HP nyala kembali dan ketika sudah, kamu akan menemukan HP kamu kembali ke pengaturan pabrikan. Jadi, sekarang HP kamu sudah seperti baru kembali deh. Sayangnya, kamu tidak bisa menyelamatkan data-data yang ada di HP kamu.

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Custom Recovery

Jika kamu sudah memasang Custom Recovery pada HP kamu seperti TWRP ataupun Clockworkmod, cara mengatasi HP Bootloop akan sedikit berbeda dengan menggunakan Stock Recovery. Hal baiknya adalah, kamu bisa mem-backup terlebih dahulu data di HP Android kamu sebelum kembali ke pengaturan pabrikan.
Custom Recovery TWRP
  • Setelah masuk ke Custom Recovery, pilih 'Backup', lalu pilih data-data yang ingin kamu selamatkan dan swipe garis yang ada di bawah.
cara-mengatasi-hp-bootloop-twrp-1
  • Jika sudah selesai mem-backup, pilih 'Wipe' pada menu utama Custom 'Recovery', lalu swipe ke kanan pada slide di bawah untuk menghapus data, cahce dan dalvik pada HP kamu.
cara-mengatasi-hp-bootloop-twrp-2
  • Lalu, pilih 'Restore' jika kamu ingin mengembalikan data di HP kamu yang telah di-backup
Custom Recovery Clockworkmod
  • Setelah masuk Custom Recovery Clockworkmod, pilih 'Wipe data/factory reset'.
cara-mengatasi-hp-bootloop-clockworkmod-1
  • Lalu, pilih Advanced dan pilih 'Wipe dalvik cache', dan reboot HP kamu.
cara-mengatasi-hp-bootloop-clockworkmod-2
  • Jika masih tidak bisa juga, pilih 'Mounts and Storage', pilih 'Format/data' dan 'Format/cache', lalu reboot kembali.
cara-mengatasi-hp-bootloop-clockworkmod-3

No comments