Header Ads

Breaking News

Resmi Rilis, Ini 7 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Resmi Rilis, Ini 7 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Resmi Rilis, Ini 7 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger
WhatsApp menjadi aplikasi instant messaging dengan pengguna aktif harian mencapai 1 miliar orang tiap harinya di seluruh dunia. Bukan tanpa sebab, WhatsApp memiliki banyak dukungan lewat mudahnya penggunaan di berbagai platform loh.
Terbaru, WhatsApp telah merilis secara resmi versi final dari WhatsApp Business. Lalu apa bedanya dengan aplikasi reguler?

7 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Dilansir dari AndroidPit, WhatsApp Business telah resmi dirilis pada layanan Google Play Store di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Meksiko, Italia, termasuk Indonesia. Dalam beberapa minggu ke depan bakal tersedia di seluruh dunia loh.Ditujukan untuk kalangan pebisnis, WhatsApp Business menawarkan layanan untuk membantu pengembangan perusahaan baik skala kecil, menengah, hingga besar.
Sebelum kamu mulai mencobanya, ini dia 7 perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger.

1. Logo yang Berbeda

Logo yang Berbeda
Sumber foto: Sumber: firstpost.com
Perbedaan yang paling mendasar terletak pada logo. Jika pada WhatsApp Messenger menggunakan ikon telepon, berbeda dengan WhatsApp Business yang menggunakan huruf B kapital di bagian tengahnya.

2. Informasi Detail Profil Perusahaan

Informasi Detail Profil Perusahaan
Sumber foto: Sumber: thenextweb.com
Karena ditujukan untuk pemilik usaha, WhatsApp Business mewajibkan kamu untuk mengisikan detail informasi profil perusahaan. Kamu bisa memberikan informasi waktu layanan, deskripsi hingga alamat perusahaan.
Sayangnya, untuk bagian nama perusahaan, WhatsApp Business tidak memperbolehkan untuk diubah setelah kamu memasukkannya pertama kali.

3. Pilih Kategori Bisnis yang Dimiliki

Pilih Kategori Bisnis yang Dimiliki
Sumber foto: Sumber: gadgetsnow.com
WhatsApp menargetkan WhatsApp Business bukan hanya untuk perusahaan skala besar, melainkan untuk para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Di sini kamu bisa memilih kategori bisnis yang kamu miliki setelah melakukan pendaftaran. WhatsApp menyediakan berbagai kategori bisnis yang bisa dipilih. Walaupun tidak termasuk, kamu tinggal memilih opsi ** Others ** loh.

4. Tambahan Nomor Perusahaan

Tambahan Nomor Perusahaan
Sumber foto: Sumber: techweez.com
Uniknya, WhatsApp Business memungkinkan kamu untuk menambahkan nomor telepon perusahaan di samping nomor telepon ponsel yang didaftarkan.
Namun, untuk digunakan dalam satu smartphone yang sama, kamu wajib memiliki dua nomor telepon ponsel yang berbeda untuk masing-masing aplikasi guys.

5. Fitur Auto-Reply Pesan

Fitur Auto-Reply Pesan
Sumber foto: Sumber: phonearena.com
Nah, untuk mempermudah berbalas pesan dengan pelanggan, WhatsApp Business menyediakan fitur Auto-Reply untuk berbalas pesan secara otomatis. Hal ini sama seperti bot menyaring pesan berdasarkan keyword yang ditemukan.
Kamu bisa mengatur pesan untuk membalas pesan ke pelanggan baru ataupun menjadwalkannya berdasarkan jam operasional layanan perusahaan loh.

6. Statistik Pesan Diterima dan Pesan Terkirim

Statistik Pesan Diterima dan Pesan Terkirim
Sumber foto: Sumber: moneycontrol.com
Untuk mengetahui detail transaksi yang telah dilakukan, WhatsApp Business menyediakan statistik yang akan mempermudah pekerjaanmu. Aplikasi ini secara otomatis akan mendata jumlah pesan diterima dan pesan terkirim pada akun perusahaan.

7. Tanda Verifikasi

Tanda Verifikasi
Sumber foto: Sumber: socialtalent.com
WhatsApp Messenger tidak menyediakan fitur verifikasi pada nomor telepon yang terdaftar. Namun, untuk menjaga keamanan pelanggan, WhatsApp for Business menyediakan fitur verifikasipada pemilik bisnis yang bergabung.
Berbeda dengan sosial media lain, seperti Twitter dan Instagram yang memberikan centang berwarna biru, WhatsApp Business akan memberikan centang hijau pada perusahaan yang telah terverifikasi oleh pihak WhatsApp.

No comments