Header Ads

Breaking News

Optimasi SEO untuk Website WordPress Anda

Optimasi SEO untuk Website WordPress Anda

Optimasi SEO

Beberapa kali sebelumnya pada dasar-dasar membuat artikel di blog, DigitalMarketer.id sedikit membahas tentang optimasi SEO.
Search Engine Optimization (SEO) adalah “seni atau ilmu” meningkatkan peringkat website atau artikel blog Anda pada halaman hasil pencarian Google atau search engine results pages (SERPs).
Jika Anda mempunyai sebuah website atau blog yang ingin mempunyai banyak pengunjung, SEO ini perlu Anda aplikasikan. Apalagi jika Anda menjual produk atau jasa melalui website.
Visibilitas website Anda di mesin pencari yang meningkat pada akhirnya akan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda, yang kemudian bisa menjadi faktor untuk pengunjung membeli produk Anda, mengambil keuntungan dari layanan atau jasa yang Anda jual, menjadi klien, atau menjadi lebih menikmati dari konten sehingga menjadi fans dari website Anda.
Ketika Artikel Anda bisa muncul di halaman pertama sebuah mesin pencari misalnya Google, kemungkinan artikel Anda dibaca akan meningkat. Sehingga dapat menghasilkan traffic berkualitas untuk blog atau website Anda.
Kualitas traffic yang bagus dengan banyak pengunjung  berinteraksi dengan website atau blog Anda, dapat meningkatkan peringkat Website Anda pada hasil pencarian.
Setiap situs memiliki tingkat optimasi SEO yang berbeda-beda, apakah itu sedang aktif diupayakan atau tidak. Namun, mengoptimalkan SEO website Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan perhatian secara terus-menerus.
Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk optimasi SEO, meskipun awalnya hanya dalam hal-hal kecil, ketika hal-hal kecil tersebut ditambah dari waktu ke waktu, itu dapat memiliki dampak besar pada peringkat konten Anda pada halaman pencarian.
Jadi jika ingin blog atau website Anda mempunyai banyak pengunjung, penting bagi Anda untuk memperhatikan SEO ini.

Optimasi SEO untuk Pengguna WordPress

Salah satu cara terbaik untuk memastikan website Anda telah optimal pada mesin pencari, adalah dengan menggunakan WordPress CMS (Content Management System) platform untuk webiste Anda.
Setiap Website yang menggunakan platform WordPress dibuat secara konsisten.
Search engine seperti Google akan sangat nyaman ketika mengindeks konten yang ada di WordPress, karena WordPress  menggunakan standar kode berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan Google.
Ini berarti bahwa setiap bagian dari konten yang Anda publikasikan di website Anda juga akan dioptimalkan untuk mesin pencari, tidak hanya struktur utama blog atu website Anda.
Ada banyak faktor yang digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah website dapat dioptimalkan pada saat tertentu. Di sini kita akan melihat beberapa cara yang paling efektif untuk membuat website WordPress Anda SEO friendly.
Cara untuk optimasi SEO artikel, blog atu website Anda pada WordPress ada dua cara yaitu:
  • On-page SEO
  • Off-page SEO
Yang pertama kita akan membahas tentang On-page SEO.

On-page SEO menggunakan WordPress

On page SEO adalah cara untuk optimasi dari dalam blog atau website Anda sendiri, sehingga mesin pencari dapat mengidentifikasi apakah halaman hasil pencarian mereka cocok dengan subjek atau topik dari situs Anda.
Teknik ini meliputi optimasi konten website seperti, titel tag, meta tag, URL dan struktur permalink, gambar, dan masih banyak lagi. Dalam on-page SEO, Anda dapat “mengontrol” bagaimana optimasi tersebut dapat digunakan pada website Anda.
Konten
Secara konsisten mempublikasikan konten yang unik dan berkualitas tinggi yaitu berhubungan dengan niche Anda, Google akan dengan mudah mengidentifikasi  topic dari website Anda dan bagaimana website Anda akan di ranking dalam hasil pencarian.
Salah satu manfaat optimasi SEO dari publish konten secara teratur adalah hal itu dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk konten baru Anda terindeks atau di ranking di mesin pencari.
Seiring dengan mesin pencari terus menemukan konten baru yang ditambahkan ke internet, semakin sering mereka mendeteksi konten yang diterbitkan di website Anda, semakin sering juga mereka akan kembali untuk memeriksa konten baru.
Dengan Google sering melihat atau mengunjungi website Anda tersebut,  Hal itu akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk konten baru Anda untuk muncul di halaman pencarian.
Menghubungkan link internal
Cara lain yang populer untuk mengoptimalkan SEO untuk konten website Anda adalah untuk saling menghubungkan konten tersebut atau internal linking.
Optimasi SEO
Internal linking tidak hanya memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua halaman di situs Anda, tetapi dengan saling menghubungkan halaman atau konten yang relevan, Anda dapat menunjukkan ke mesin pencari relevansi dari berbagai jenis konten di Website Anda.
Hal ini membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari untuk topik pencarian yang terkait.
Link teks atau anchor text yang digunakan untuk internal linking memberikan mesin pencari petunjuk konten tersebut membahas tentang apa dan bagaimana itu dapat digolongkan dalam proses indeks mereka.
Internal linking tidak hanya berguna untuk mesin pencari, tetapi juga bermanfaat untuk pengunjung Anda juga.
Menghubungkan halaman yang relevan di website Anda dapat membantu pengunjung Anda untuk menemukan lebih banyak konten yang saling berhubungan.
Oleh karena itu, penting bahwa internal linking adalah bagian dari strategi SEO dan dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung saat sedang berda di website Anda.
Optimasi Kata kunci
Kata kunci atau istilah pencarian adalah apa yang orang ketik ke dalam mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari.
Oleh karena itu, penting bahwa Anda memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana kata kunci bekerja.
Tujuan perencanaan kata kunci yang efektif untuk optimasi SEO adalah mampu mengantisipasi apa yang pengguna mungkin ketik sebagai istilah pencarian ketika mereka mencari konten di Google.
Idenya adalah untuk kemudian memasukkan kata kunci dan istilah pencarian, serta variasi dari mereka, di konten di website Anda.
Kata kunci ini dapat digunakan di seluruh website Anda dan isinya, termasuk judul dari postingan atau artikel Anda, isi artikel, deskripsi, kategori, URL, dan bahkan deskripsi gambar.
Tapi ingat, baik dalam membuat artikel dan menargetkan kata kunci, fokuslah pada pembaca Anda, bukan pada mesin pencari.
Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembaca melalui kualitas konten yang memang ditujukan untuk mereka, sesuai kebutuhan mereka, bukan pada apa yang mesin pencari lihat dan membuat indeksnya.
Namun berhati-hatilah dalam memasukkan kata kunci, jika Anda asal memasukkannya, posting atau artikel Anda dapat memiliki hasil peringkat yang tidak memuaskan, sehingga sebisa mungkin untuk memilih kata kunci yang secara natural dapat “membaur” dengan isi artikel Anda.
Tags Judul (Title tags)
Optimasi SEO on-page selanjutnya adalah Tag judul yang mendeskripsikan subyek atau topik konten Anda.
Sangat penting untuk judul posting/artikel dan halaman mengandung kata kunci yang relevan dengan topik konten yang dibahas.
Optimasi SEO untuk Para Pengguna WordPress 6
Setiap halaman, posting atau artikel di website Anda harus memiliki tag judul yang unik sehingga dapat terindeks secara individual.
Tips lainnya adalah tidak membuat judul halaman, posting atau artikel Anda terlalu panjang. Jika terlalu panjang, Google hanya dapat menampilkan sebagian dari judul di hasil pencariannya, sehingga dapat menyebabkan orang-orang melewatkan website Anda dalam daftar hasil pencarian.
Jika pembaca tidak yakin dengan subjek atau topik yang dari sebuah website, mereka lebih mungkin melewatkan website tersebut dan akan memilih website lain yang lebih jelas topiknya.
Namun, penting juga untuk memastikan bahwa judul posting atau artikel Anda mudah dipahami oleh pembaca (human-friendly), bukan hanya serangkaian kata kunci yang Anda harapkan untuk meningkatkan peringkat pada halaman pencarian.
Meta Description Tag
Meta Description Tag digunakan untuk memberikan potongan informasi yang menjelaskan isi dari halaman atau artikel Anda untuk pembaca.
Deskripsi ini hanya dapat terlihat di halaman pencarian dan harus mengandung kata kunci yang ditargetkan untuk konten tertentu.
Optimasi SEO
Deskripsi ini biasanya muncul di bawah tag judul dan URL untuk website.
Sekali lagi, penting untuk membuat deskripsi ini mudah dipahami oleh pembaca, sekaligus mengandung kata kunci atau keyword yang relevan dengan konten Anda.
URL dan Permalinks
Ini adalah ide yang bagus dalam optimasi SEO untuk URL website Anda (juga dikenal sebagai permalinks) agar mudah dibaca.
Url dan permalink ini memberikan Google dan mesin pencari lainnya gambaran yang jelas tentang suatu posting dan itu juga membuat  Google lebih mudah mengindeks halaman tersebut dengan lebih tepat.
URL ditunjukkan di bawah judul posting, artikel atau halaman dalam hasil pencarian.
Mengubah permalinks website Anda di WordPress adalah hal yang sederhana. Untuk melakukannya, pergi ke Settings> Permalinks di dashboard WordPress Anda.
Atur struktur permalink Anda untuk“Post  name” bukan “Default” sehingga permalinks Anda akan menyerupai judul halaman atau artikel Anda.
Optimasi SEO
Sebagai contoh, sebuah posting berjudul “Digital Marketer” akan memiliki URL “WebsiteAnda.com/Digital-Marketer/.” Ini adalah sesuatu dapat dipahami oleh mesin pencari dan ini adalah tempat yang tepat untuk memasukkan kata kunci Anda.
Judul gambar dan Deskripsi
WordPress membuatnya sangat memudahkan Anda untuk memberi judul dan deskripsi pada gambar yang Anda gunakan.
Tergantung pada tema yang Anda pilih, informasi meta ini tidak bisa langsung terlihat oleh pengunjung website Anda, tetapi mesin pencari akan memanfaatkan tag gambar ini untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik dari topik artikel Anda.
Anda dapat memberikan deskripsi, judul, dan alt text, dengan kata kunci yang relevan dengan topik Anda pada gambar yang diselipkan di artikel tersebut.
Optimasi SEO
Hal ini dapat membantu optimasi SEO keseluruhan konten Anda. Sekaligus, dapat meningkatkan peringkat konten Anda untuk kata kunci yang Anda targetkan.
Tidak ada salahnya meluangkan beberapa detik untuk menambahkan meta data untuk gambar artikel Anda, karena ini akan membantu meningkatkan baik SEO Anda secara keseluruhan dan pengalaman pengguna.

Off-Page SEO

Off-page SEO didefinisikan sebagai apa yang Anda lakukan untuk optimasi SEO dari luar website Anda, dalam rangka untuk meningkatkan di peringkat mesin pencari tentunya.
Bentuk yang paling terkenal dari off-page SEO adalah membangun link atau backlink.
Mesin pencari seperti Google menggunakan jumlah link yang menuju ke website untuk menentukan seberapa popular website tersebut, tujuan membangun link adalah untuk melihat link yang kembali ke konten Anda dan itu dipublikasikan di website lain.
Namun, mesin pencari tidak hanya melihat jumlah link yang menuju kembali ke website Anda, tetapi juga kualitas dan relevansi dari link website tersebut berasal.
Satu link dari situs dihormati pada topik yang sama dengan konten Anda dapat dengan mudah melebihi ratusan link dari situs web berkualitas rendah yang tidak memiliki kesamaan dengan website Anda.
Sekarang, lebih dari sebelumnya, membangun link adalah semua tentang kualitas bukan kuantitas, penalty akan diberikan oleh google kepada mereka yang mencoba mempermainkan system tersebut
Ketika ingin meningkatkan off-site seo dari website anda, pendekatan terbaik adalah fokus pada menjangkau dan membawa konten Anda pada orang-orang berada di bidang yang sama dengan Anda.
Kemudian tunggu mereka untuk link kembali ke konten Anda. Pendekatan ini tentu membutuhkan waktu, tapi itu strategi  yang mempunyai risiko rendah dan dapat memberikan beberapa hasil yang bagus jika konten Anda benar-benar layak mendapatkan back link dari rekan-rekan Anda dan orang-orang yang menjadi pemimpin di niche Anda.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Search Engine Ranking

Algoritma mesin pencari Google adalah misteri bagi banyak orang. Algoritma tersebut digunakan untuk mengukur seberapa pentingnya semua website yang terdaftar dalam indeks mereka.
Tidak ada yang benar-benar yakin bagaimana semuanya bekerja atau apa yang akan menjamin peringkat yang lebih tinggi (karena Google tidak berbagi rahasia mereka), tetapi orang-orang memiliki beberapa ide yang cukup baik tentang bagaimana untuk tetap berada pada halaman pertama pencarian google.
Mari kita lihat beberapa faktor penting yang mempengaruhi peringkat konten Anda pada mesin pencari:
  • konten yang unik (juga kesegaran konten sebuah website)
  • Keyword digunakan di mana saja, termasuk di tag judul, alt text gambar, meta descripstion, Url/permalink (termasuk juga kata kunci ditaruh di depan judul  posting atau artikel Anda)
  • Kata kunci difokuskan pada anchor text dari link eksternal, kuantitas dan kualitas link eksternal, dan link dari berbagai nama domain.
  • klik sejarah melalui tingkat dari pencarian untuk tepat halaman / URL dan dari penelusuran ke halaman pada domain.
  • kata kunci digunakan dalam header WordPress H1, H2, dan H3.
Meskipun di atas hanyalah bagaikan puncak dari sebuah gunung es, dalam rangka optimasi SEO website Anda, hal-hal tersebut adalah fokus Anda.

Kesimpulan

Seperti yang Anda tahu, ada banyak cara untuk meningkatkan kemungkinan website Anda mendapatkan perhatian dan peringkat tinggi di mesin pencari seperti google

No comments