Header Ads

Breaking News

CCTV Kecerdasan Buatan Bisa Deteksi Wajah Teroris, Sangat Akurat







CCTV Kecerdasan Buatan Bisa Deteksi Wajah Teroris, Sangat Akurat
Ilustrasi CCTV yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengenali wajah. (dailymail.co.uk)

TEMPO.CO, Tel Aviv - CCTV yang bisa mendeteksi wajah teroris akan segera terlahir berkat teknologi kecerdasan buatan. AnyVision mengembangkan CCTV yang dipasangi chipset grafis Nvidia berbasis teknologi tersebut. Berdasarkan laporan laman Daily Mail pada 16 Februari 2018, CCTV terssebut dapat mengidentifikasika wajah dengan akurasi 99 persen.
Chipset grafis Nvidia merupakan teknologi pemindai untuk memperkuat platform pengenal wajah manusia. Kamera pengawas tersebut secara otomatis dapat mengidentifikasi dan melacak individu baik yang di luar maupun di dalam ruangan.
Informasi yang kamera tangkap akan langsung dikirim ke mesin dan dianalisis dengan algoritma, lalu membandingkan wajah dan data yang ada. Startup yang berbasis di Israel ini berharap bahwa kamera akan digunakan untuk membantu mengenali teroris, penjahat atau orang hilang sehingga membuat kota menjadi aman. Teknologi ini diklaim dapat mendeteksi, melacak dan mengenali orang yang memiliki kepentingan di antara kerumunan banyak orang dengan akurasi 99 persen.
"Dengan memanfaatkan teknologi Nvidia, infrastruktur CCTV yang ada di kota-kota di seluruh dunia berubah menjadi jaringan kamera pintar canggih dengan akurasi yang tak tertandingi untuk meningkatkan keamanan warga," tulis AnyVision dalam sebuah posting di laman blog.
AnyVision juga memiliki aplikasi yang dapat di akses ponsel pintar dan menyediakan gambaran lokasi seperti foto langsung dari kamera yang terpasang di area perkotaan. Selain itu, teknologi ini juga terpasang dalam kamera CCTV yang berada di mesin ATM.
Hal itu dapat mencegah penipuan bank dan penarikan tunai ATM ilegal dengan membandingkan hasil gambar langsung dengan ID foto wajah pemegang rekening. AnyVision juga memasang teknologi tersebut di tempat sensitif lainnya, seperti penjara dan halaman sekolah.
Meskipun melakukan penyamaran dengan menggunakan kacamata hitam, jenggot atau rambut palsu dan topi, teknologi ini akan tetap membaca wajah dengan tepat. AnyVision juga ingin membangun kamera tersebut yang kemudian dipasang pada lampu lalu lintas untuk membantu menemukan tempat parkir, pemeliharaan jalan dan jembatan.
Simak artikel menarik lainnya tentang CCTV dengan kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi teroris hanya di kanal Tekno Tempo.co.

No comments