Header Ads

Breaking News

CARA MENGAKTIFKAN USER REGISTRATION DI WORDPRESS

CARA MENGAKTIFKAN USER REGISTRATION DI WORDPRESS

WordPress datang tidak hanya untuk digunakan satu pengguna saja dalam mengelola web, tapi WordPress diciptakan untuk mampu mengelola beberapa pengguna sekaligus. Dengan terdapatnya fitur User Registration, WordPress memungkinkan pengguna untuk mendaftar di situs Anda. Anda dapat mengijinkan beberapa penulis di website Anda untuk masuk ke area dashboard WordPress untuk menulis dan mempublikasikan artikel, selain itu juga dapat mengijinkan pengguna baru untuk mendaftar dan berkomentar. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk Anda bagaimana mengaktifkan User Registration atau Pendaftaran pengguna di situs WordPress dan pengelolaan pengguna.

MENGAKTIFKAN USER REGISTRATION DI WORDPRESS

Untuk mengaktifkan User Registration (pendaftaran pengguna) di WordPress cukuplah mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Settings » General dan scroll ke bagian Membership. Centang kotak pilihan di sebelah ‘Anyone Can Register‘.
user registration wordpress
Selanjutnya silahkan pilih New Users Default Role. Role user default adalah Subscriber, yang dapat Anda ubah sesuai dengan peran pengguna yang Anda inginkan. Setelah itu klik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan Anda.
MENAMPILKAN MENU LOGIN DAN DAFTAR DI WORDPRESS
Setelah Anda mengaktifkan user registration di situs WordPress Anda untuk mengijinkan pendaftaran pengguna, langkah berikutnya adalah memasang menu di front end situs Anda agar pengguna tahu bahwa mereka bisa melakukan pendaftaran sebagai user di website Anda.
Terdapat dua cara untuk memunculkan link pendaftaran di situs WordPress pada tutorial ini :

CARA 1 : META WIDGET

widget meta wordpress
Cara paling sederhana untuk menambahkan link login dengan menambahkan meta widget pada sidebar Anda. Cukup masuk ke menu Appearance »Widgets dan tambahkan Meta widget pada area sidebar yang tersedia. Jika sudah Anda akan melihat beberapa link baru untuk pendaftaran pengguna pada sidebar.
register users wordpress

CARA 2 : MENGGUNAKAN HALAMAN CUSTOM LOGIN

Anda juga dapat menggunakan halaman WordPress Anda sendiri untuk login dan pendaftaran, tentu ini akan terlihat lebih menarik daripada cara pertama diatas. Lihat tutorial sebelumnya pada centerklik untuk menggunakan halaman custom login.
MENGELOLA PENGGUNA DI WORDPRESS
Untuk melihat semua daftar pengguna yang sudah terdaftar di situs web Anda, silahkan masuk ke menu Users»All Users di admin WordPress Anda. WordPress akan menampilkan daftar pengguna dengan username, names, role, dan alamat email mereka.
user wordpress
Sebagai pemilik website Anda tentu akan mendapati role Anda sebagai administrator. Sebagai administrator Anda mempunyai kontrol penuh yang dapat melakukan segala hal di area admin seperti menghapus pengguna, mengganti role users pada pengguna yang Anda inginkan, Anda juga dapat mengedit profil pengguna, dan bahkan mengubah password mereka.

MENCEGAH SPAM

Spam merupakan masalah umum yang sering di alami pengguna WordPress, dari Spam di area komentar juga terdapat spam jika Anda mengaktifkan user registration di situs WordPress Anda. Ada banyak spambot yang berbahaya di luar sana yang mencari situs WordPress yang mengijinkan pendaftaran bagi pengunjung. Bot ini dapat menambahkan account spam ke situs WordPress Anda yang bisa menjadi ancaman bagi keamanan situs. Tapi, mencegah pendaftaran spam WordPress tidak sulit sama sekali.
Yang perlu Anda lakukan adalah hanya menginstal dan mengaktifkan plugin Stop Spammer. Atau Anda dapat melihat beberapa tutorial di centerklik yang membahas tentang cara menangkal spam seperti Blokir Spam Komentar WordPress dengan CAPTCHA.

No comments