Header Ads

Breaking News

4 Error pada WordPress dan Solusi Cara Mengatasinya


4 Error pada WordPress dan Solusi Cara Mengatasinya


Error pada WordPress dan solusi cara mengatasinya | WordPress adalah platform blogging paling populer saat ini, jutaan domain sudah menggunakan WordPress dan angka tersebut tentunya terus bertambah setiap harinya.
Error Establishing Database Connection 2
Image: colorlib.com
Beberapa hal yang membuat orang senang menggunakan WordPress adalah kemudahan, serta banyaknya komunitas yang siap membantu ketika terjadi masalah. Komunitas ini juga aktif dalam pembuatan berbagai resource untuk menunjang WordPress seperti theme dan plugin.
Beberapa fakta keunggulan tersebut tentu saja membuat orang tertarik untuk menggunakan WordPress, namun tidak ada sistem yang sempurna di dunia komputer, selalu saja ada celah dan kesalahan, WordPress pun tidak selalu nyaman digunakan, terkadang ada saja masalah atau error yang muncul dan menghambat jalannya website.
Berikut ini adalah beberapa error yang sering muncul pada WordPress dan cara menanganinya.

500 Internal Server Error

500 Internal Server Error
Ini mungkin menjadi error yang paling banyak dialami oleh pengguna WordPress. Setelah Anda menginstall website Anda beberapa hari lalu, tiba-tiba pada suatu pagi muncul error seperti itu (internal error).
Penyebab error ini adalah kurupsi file internal seperti .htaccess. Selain itu instalasi WordPress yang salah juga bisa menyebabkan error ini muncul. Plugin dan theme yang mencurigakan juga bisa menyebabkan error ini terjadi. Memori PHP yang terbatas juga menjadi penyebab.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mencari tahu dimana letak masalahnya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengaktifkan WP_DEBUG dan mengecek pada file error_logs. Misalnya sebagai contoh, ternyata file .htaccess nya korup, maka Anda perlu untuk mengakses FTP dan temukan file ini di root folder websitenya, lalu coba ubah file .htaccess tersebut menjadi .htaccess_bakcup, lalu jalankan kembali website Anda.
Solusi lainnya adalah dengan mencoba menonaktifkan plugin atau theme. Atau solusi lain adalah dengan meningkatkan batas memori di PHP dengan mengubahnya di file php.ini.

White Screen Error

White Screen Error
Seseorang mengunjungi website Anda, namun tampilan yang mereka dapati hanyalah layar putih, tidak ada teks apapun.
Salah satu penyebab masalah ini adalah tidak cocoknya theme atau plugin. Plugin atau theme yang digunakan mungkin saja tidak kompatibel dengan versi WordPress yang digunakan. Masalah seperti ini sering kali muncul setelah melakukan update versi WordPress atau update versi theme maupun plugin.
Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menonaktifkan plugin atau theme yang bermasalah tersebut, bisa di cek satu persatu dengan memanfaatkan fitur aktif dan nonaktif yang disediakan WordPress. Atau cara lain adalah dengan mengubah nama atau lokasi theme/plugin tersebut dengan bantuan FTP.

Error Establishing Database Connection

Error Establishing Database Connection
Error seperti ini berarti WordPress mengalami masalah teknis dalam mengakses database Anda. Intinya database tidak bisa diakses.
Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari kesalahan settingan pada file wp-config.php, selain itu bisa juga karena Anda sudah melampuai batas data, ini biasanya sering terjadi pada website yang menggunakan shared hosting. Penyebab lain bisa karena server databasenya sedang mati, atau terlalu banyak yang mangakses database dalam satu waktu, lagi-lagi sering dialami dalam shared hosting.
Untuk mengatasi masalah ini, pertama tentu dengan memastikan settingan database di file wp-config.php Anda benar, pastikan nama host, database, username, password nya benar.
Jika semua sudah benar dan masih muncul error, ada kemungkinan disebabkan karena hostingnya, jadi Anda bisa tanyakan hal ini pada pengelola web hosting yang Anda gunakan. Jika Anda sendiri yang mengelola hostingnya, cek terlebih dahulu apakah server database nya dalam keadaan aktif atau tidak.

Connection Timed out Error

Connection Timed out Error
Error seperti ini mungkin sering juga Anda temui ketika menggunakan WordPress. Ini biasanya ketika server mengalami overload atau kelebihan beban. Selain itu bisa juga karena disebabkan oleh konfigurasi server yang tidak benar.
Solusi untuk masalah seperti itu yang pertama adalah coba untuk menonaktifkan seluruh plugin yang digunakan. Karena plugin terkadang memakan resource yang cukup besar, aplagi plugin yang fungsinya melakukan tracking, seperti statistik, menghitung share sosial media, dan semacamnya.
Solusi lain coba ganti theme, karena terkadang theme yang dibuat oleh seseorang tidak mempertimbangkan penggunaan memori, terlalu banyak melakukan request ke server sehingga tidak optimal.

No comments