Header Ads

Breaking News

10 Inovasi Teknologi Masa Depan yang Mampu Menyelamatkan Dunia

10 Inovasi Teknologi Masa Depan yang Mampu Menyelamatkan Dunia

 
 
Inovasi teknologi dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia. Nggak sampai di situ, perkembangan teknologi sebenarnya sejalan dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks guys. Makanya beberapa orang menciptakan teknologi masa depan yang sangat berguna.
Walaupun sepele, beberapa teknologi berikut diklaim bakal membantu banyak kalangan di masa depan. Dilansir dari Bright Side, berikut Jaka kasih tahu ke kamu 10 inovasi teknologi masa depan yang mampu menyelamatkan dunia dan umat manusia loh.

10 Inovasi Teknologi Masa Depan yang Mampu Menyelamatkan Dunia

1. Spiky, Korden Kamar Mandi Penghemat Air

Spiky
Mandi adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah melakukan aktivitas seharian. Pas banget sebagai sarana penghilang stres, tapi mungkin kamu nggak sadar sudah berlama-lama mandi dan malah boros air.
Spiky adalah sebuah inovasi teknologi di mana menggunakan korden kamar mandi. Cara kerjanya Spiky akan mengembang setelah 4 menit kamu menghabiskan waktu di kamar mandi. Jadi pengingat kamu untuk hemat air kan?

2. Solar Cooker, Kompor Tenaga Matahari

Solar Cooker
Pasti pernah terpikirkan olehmu, gimana jika suatu saat gas bumi habis? Tentu berbagai aktivitas sulit untuk dilakukan, misalnya saja memasak. Solar Cooker merupakan solusi untuk memasak makanan dengan menggunakan energi sinar matahari.
Solar Cooker dibuat oleh Solar Cooker International untuk daerah sulit dijangkau bahan bakar. Bentuk alat ini menyerupai parabola yang memusatkan energi panas dari matahari ke sebuah titik untuk memanaskan tungku atau wajan.

3. Seabin, Teknologi Pembersih Lautan

Seabin
Secara keseluruhan hampir 2/3 permukaan bumi merupakan daerah perairan termasuk di dalamnya adalah lautan. Sadar nggak sih, lautan yang merupakan muara dari berbagai saluran di daratan membawa banyak limbah dan sampah guys.
Seabin Project adalah inovasi yang mampu membersihkan lautan dari sampah. Teknologi yang dikembangkan dua peselancar Australia ini bekerja seperti filter yang menyaring air. Selain diletakan di pelabuhan, Seabin juga bisa digunakan pada danau dan sungai juga.

4. Ecocapsule, Rumah Hemat Energi

Ecocapsule
Jika kamu membayangkan rumah manusia di masa depan, mungkin bakal seperti ini bentuknya. Ecocapsuledikembangkan sebagai rumah ramah lingkungan dan hemat energi. Saat ini Ecocapsule diklaim mampu menampung hingga dua orang dewasa.
Ecocapsule memang memiliki ukuran yang cukup kompak dan bisa dipindahkan kemana saja. Rumah masa depan ini ditenagai oleh sebuah turbin angin dan panel surya pada bagian atap sebagai sumber energinya. Nggak perlu bayar tagihan listrik deh!

5. Agar, Plastik Organik Ramah Lingkungan

Agar
Tahu nggak sih, jika plastik menjadi limbah yang paling besar dihasilkan di seluruh dunia. Pasalnya banyak kemasan makanan saat ini masih menggunakan plastik. Makanya inovasi teknologi masa depan, Agar hadir sebagai plastik organik yang ramah lingkungan.
Agar terinspirasi dari kuliner Jepang yang biasa dibuat sebagai makanan manis. Plastik organik ini dibuat dari serat rumput laut, sehingga saat tidak digunakan kembali mampu diuraikan dengan mudah oleh alam.

6. Altered: Nozzle, Keran Hemat Air

Altered: Nozzle
Air adalah salah satu unsur paling esensial di permukaan Bumi. Setiap mahluk hidup pasti membutuhkannya, mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan sekalipun. Solusi utamanya adalam melakukan penghematan sejak sekarang.
Altered: Nozzle adalah inovasi teknologi berupa keran air yang mampu menghemat penggunaan air secara drastis. Ada dua mode, yakni penghematan 98% saat digunakan mencuci tangan dan penghematan 85% saat mengisi gelas dan sebagainya.

7. PaqSule, Tas Pintar dan Higenis

PaqSule
Di era modern, kamu butuh segala sesuatu serba praktis dan mudah digunakan. Termasuk soal kebersihan pakaian dan sepatu yang kamu pakai selama travelling. Berkat inovasi teknologi masa depan berupa tas pintarini kamu dapat melakukannya dengan sekali sentuh.
PaqSule adalah proyek yang digagas pada Indiegogo berupa tas pintar yang mampu membuat pakaian dan sepatu higenis kembali. Cukup diletakkan di dalam tas dan tekan tombol untuk mulai melakukan proses. Selain itu tas ini sudah dilengkapi tenaga baterai yang bisa dipakai buat charge smartphone guys.

8. Ooho, Air yang Bisa Dimakan

Ooho
Pernah terbayangkan, betapa mubazirnya kemasan plastik yang digunakan pada air mineral. Untuk mengatasi banyaknya limbah ini, ada loh inovasi teknologi yang memungkinkan kemasan plastik diganti. Ooho membuat air yang bisa dimakan dan mengurangi limbah loh.
Ooho dibuat dari bahan yang sepenuhnya bisa terurai lingkungan. Selaput air ini terbuat dari 100% rumput laut. Nggak sampai di situ, air yang dikemas dalam Ooho bisa diberikan warna dan perisa loh. Canggih banget inovasi teknologi satu ini.

9. TertaBIN, Tong Sampah Pintar

TertaBIN
Isu sampah memang menjadi salah satu permasalahan yang mengancam dunia di masa depan. Makanya untuk menyelamatkannya, hadirlah tempat sampah pintar bernama TetraBIN. Inovasi teknologi ini diciptakan Steven Bai dari University of Sydney guys.
Konsepnya TetraBIN menggunakan sensor yang bakal mendeteksi ketika orang memasukkan sampah dan selanjutnya bakal ada animasi lucu yang diperlihatkan pada layar di sekeliling tempat sampah. Tujuan utama TetraBIN adalah untuk mengajak orang tidak buang sampah sembarangan loh.

10. Homebiogas, Pengolah Bahan Bakar Rumahan

Homebiogas
Selain isu sampah, permasalahan bahan bakar yang semakin langka juga menjadi perhatian dunia. Homebiogasadalah salah satu proyek yang digagas pada website Kickstarter yang bisa menghasilkan bahan bakar rumahan.
Homebiogas memanfaatkan limbah organik seperti sisa makanan untuk menghasilkan gas yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Selain itu inovasi teknologi masa depan ini membutuhkan sinar matahari juga untuk menghasilkan energi loh.

No comments